Intel & AMD, yang cocok untuk PC/Laptop Anda ?

Keunggulan dan perbedaan dari 2 rival merk Processor di Dunia, Intel dan AMD.

amd vs intel

Tentu 2 nama itu sudah tidak asing di telinga kita saat hendak membeli PC atau Laptop baru. Saya sendiri sering ditanya oleh customer saat melakukan service komputer panggilan, ” Mas, bagusan Intel atau AMD sih?”. Sebelum saya membahas lebih lanjut, saya tekankan lebih dahulu bahwa keduanya sama – sama bagus. Hanya saja di artikel ini saya akan menjelaskan keunggulan dari kedua merk processor tersebut agar suhu-suhu bisa mendapatkan pencerahan untuk memilih yang cocok dengan kebutuhan masing-masing.

Saya jelaskan dulu processor itu apa (kalau suhu-suhu yang ilmunya udah selangit bisa langsung lanjut aja ke bahasan di bawah hehe). Processor itu diibaratkan sebagai “otak”nya komputer, yang fungsinya menerima perintah (input) dan melaksanakan perintah (output). Semakin tinggi kecepatan processor dalam Ghz (Gigahertz) maka semakin cepat juga proses yang dijalankan (makin cepet mikirnya gk telmi wkwk). Makanya acuan pertama suhu-suhu mau beli PC atau Laptop baru adalah tentukan dulu Processornya, namun ada pertimbangan yang lain juga seperti jumlah core, generasi, dsb. Kita simpan itu untuk artikel selanjutnya ya.

Nah Intel dan AMD lah yang menguasai pasar processor di dunia saat ini, bahkan hampir tidak ada PC atau Laptop yang tidak menggunakan atau tidak support 2 merk processor tersebut. Kalau dilihat dari Brand, Intel lebih menang pamor karena memulai start lebih dahulu dari AMD. Tapi menurut saya pribadi brand tidak memengaruhi performa. Keduanya memiliki kualitas yang bersaing saat ini.

Berikutnya saya akan membandingkan keduanya dari segi performa Core, grafis game, segi multimedia dan harga.

1. Performa Single Core dan Multi Core Intel dan AMD

Processor Intel dan AMD memiliki jumlah core yang berbeda-beda. Jumlah Core dalam processor sangat berpengaruh pada kecepatan performa dari PC adan Laptop. Jika ada 2 laptop, satu berkecepatan 2.5 Ghz dengan dua core, dan satunya kerkecepatan 2.Ghz dengan 4 core, maka yang performa lebih tinggi adalah yang mempunyai 4 core, karena diibaratkan Processor itu bisa menjalankan 4 tugas secara bersamaan dengan kecepatan yang sama.

Pertama di bawah ini adalah perbandingan kecepatan kinerja keduanya dengan Single Core : ( sumber : geekbench.com )

Dari gambar bisa dilihat bahwa Intel mendominasi dalam kecepatan kinerja single core. Berikutnya perbandingan dalam Multi core :

Hasil ini membuat saya sendiri cukup terkejut, karena terakhir saya cek bulan agustus yang menempati posisi teratas adalah AMD Ryzen 9. Ini membuktikan teknologi berkembang dengan pesat, makanya orang IT harus terus menambah ilmunya suhu-suhu.

Bisa dilihat bahwa sekali lagi Intel mendominasi dalam kecepatan kinerja dalam multicore juga, bahkan AMD Threadripper 3.7 Ghz 32 core kalah cepat dengan Intel Xeon 3.1 Ghz 28 cores.

2. Grafis game

Bicara tentang grafik dalam game sudah menjadi fakta bahwa AMD lebih unggul dari Intel. Tampilan gambar lebih jernih dan tidak pecah. Walau suhu meningkat, performa tidak menurun dan bisa menjalankan game dengan FPS (Frame Per Second) yang lebih tinggi dari Intel. Suhu-suhu juga bisa membuktikannya dengan streaming di youtube beberapa perbandingan AMD dan Intel dalam grafik game, dan AMD selalu lebih unggul.

3. Segi Multimedia

Pertama dalam kecepatan renderingnya, kalau dilihat dari hasil kecepatan Multi core, yang mendominasi adalah Intel. Dan memang betul Intel bisa melakukan proses rendering lebih cepat dibanding AMD. Tapi setelah meluncurnya produk seri Ryzen dan Ryzen Threadripper, persaingan itu mulai memanas karena dalam beberapa pembuktian proses rendering oleh Ryzen lebih cepat dibanding Intel. Namun ada satu kelebihan Intel yaitu gambar yang ditampilkan lebih tajam dari AMD, sehingga cocok untuk jadi pilihan youtuber dan tukang render.

render

4. Harga Processor

Kalau dari segi harga sudah terbukti dipasaran bahwa harga processor Intel selalu Lebih Mahal dibandingkan AMD. Suhu-suhu bisa cek sendiri harganya seperti di web Bhinneka.com, disitu suhu bisa lihat perbandingan harga Intel 6 core dan AMD 8 core yang berbeda jauh. Namun biasanya Watt yang diperlukan untuk processor AMD lebih tinggi dari yang Intel.

perbandingan harga amd intel

Kesimpulan

Jadi pilih yang mana buat PC/Laptop baru nih ? Suhu tentukan dulu PC dan Laptop barunya mau digunakan untuk apa. Kalau pendapat dari saya pribadi, kalau perlu untuk keperluan kantoran dan multimedia, saya sarankan pakai processor Intel, yang kecepatan core dan renderingnya cepat, dan gambar yang ditampilkan lebih tajam. Tapi untuk multimedia harus punya budget yang cukup dulu untuk membeli Processor Intel yang sesuai.

Kalau untuk urusan gaming, saya pribadi dari dulu memang lebih memilih AMD, pertama karena sudah teruji bahwa dalam grafis game lebih unggul dari Intel, juga harganya yang lebih bersahabat dengan kantong saya. Apalagi dengan kehadiran seri Ryzen menjadi pukulan telak bagi pasar hardware gaming. Dimana harga VGA card bisa seharga processornya itu sendiri, AMD Ryzen membuktikan bahwa dengan Integrated Graphic Card saja ( ibaratnya VGA bawaan Motherboard atau Laptopnya ) bisa menghadirkan performa game yang sama dengan yang menggunakan VGA card tambahan. Suhu bisa cek video dari The Lazy Monday ini, untuk membuktikannya.

Jadi bagaimana, apakah artikel ini bisa membantu menentukan pilihan suhu untuk beli PC atau Laptop barunya ? Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan seputar IT kepada suhu. Jika ada beberapa kesalahan dalam artikel ini, jangan sungkan untuk memberi comment dibawah, agar kita bisa sama-sama belajar suhu…

Jika bingung beli partnya dimana, suhu bisa hubungi Hendrik Computer, penyedia Jasa Service Komputer Panggilan Bogor, Depok dan Bandung. Insyaallah kami bisa membantu suhu untuk menemukan pilihan yang tepat sesuai budget suhu. Silahkan hubungi kami dengan mengklik tombol Icon whatsapp di pojok kanan bawah layar Anda.

Penulis : Hendrik
Editor : Hendrik

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Panzul Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Panzul
Guest
Panzul

Kalo gw pribadi sih gg tw knpa prefer AMD, kenapa, Slama pengalaman gw nge game PC, AMD + Radeon HD gw selalu bisa bikin gw puas dengan graphic² gaming nya (y)